Ekolabel
adalah salah satu gagasan metode penyampaian informasi dari produk kepada
konsumen yang akurat, “verifiable” dan tidak menyesatkan, terutama yang terkait
dengan aspek lingkungan dari produk yang dihasilkan, material yang digunakan
maupun kemasannya. Beberapa alasan yang menjadi dasar penyampaian informasi
tersebut adalah bertujuan untuk mendorong permintaan dan penawaran produk yang
dihasilkan ramah terhadap lingkungan sehingga dapat mendorong perbaikan
lingkungan yang berkelanjutan.
sumber gambar: http://ppejawa.com/
Penyampaian
informasi berupa ekolabel dapat dinyatakan dalam suatu simbol, label atau
keterangan pernyataan yang terdapat pada produk atau kemasannya, dapat juga
disampaikan pada informasi produk, bulletin, iklan, publikasi, pemasaran baik
melalui media cetak maupun internet. Informasi yang disampaikan haruslah
lengkap dan akurat terkait dengan aspek lingkungan tertentu yang berhubungan
dengan produk tersebut. Beberapa stakeholder yang dapat menyampaikan informasi
tersebut antara lain produsen, importer, distributor, pengusaha retail atau
seluruh pihak yang dianggap memperoleh manfaat dari informasi tersebut.
Ekolabel dapat berfungsi
untuk pemilihan produk-produk oleh konsumen yang lebih memilih dampak
lingkungan lebih kecil dibanding produk lainnya yang sejenis. Disamping itu,
inovasi industry yang berwawasan lingkungan dapat timbul dari adanya penerapan
ekolabel oleh para stakeholder. Lebih lanjut, citra yang positif terhadap “brand”
produk maupun perusahaan yang memproduksi atau mendistribusikan ke pasar dapat
ditimbulkan dari penerapan ekolabel, sehingga dapat menjadi investasi bagi peningkatan
daya saing perusahaan.
Sementara itu, ditinjau dari sudut pandang
konsumen, ekolabel merupakan informasi mengenai dampak lingkungan dari produk
yang akan digunakannya. Sehingga dengan demikian, masyarakat memiliki
kesempatan untuk mengambil peran serta dalam penerapan ekolabel melalui cara
penyampaian masukan bagi pemilihan kategori produk dan criteria ekolabel.
Disamping itu, ekolabel mampu mendorong tingkat kepedulian dan kesadaran
konsumen bahwa dalam pengambilan keputusan dalam pemilihan jenis produk tidak
hanya ditentukan oleh faktor harga dan kualitas saja tetapi juga didasarkan
pada faktor lainnya yaitu dampak lingkungannya. Indikator keberhasilan ekolabel dapat
diketahui dari adanya tindakan perbaikan kualitas lingkungan yang terkait dengan
kegiatan proses produksi yang didukung oleh seluruh komponen pelaku industrinya
baik pengusaha, importer, distributor, pemerintah, masyarakat dan lain-lain.
trmksh infonya
BalasHapus